Sabtu, 29 Oktober 2011

TEMA HKN KE 47 TAHUN 2011

Tema Hari Kesehatan Nasional ke 47 Tahun 2011

Oleh : H. SUKARDJO, SKM,M.Kes
Ketua HKN ke 47, Tahun 2011 Kabupaten Demak
Cinta sehat, Perilaku pasti bersih dan
sehat.
Cinta sehat, Lingkungan pasti bersih
dan sehat
Cinta sehat, Manfaatkan fasilitas
kesehatan untuk tetap sehat.
Gerakan Indonesia untuk hidup bersih
dan sehat.
Gerakan Indonesia untuk lingkungan
bersih dan sehat.
Gerakan Indonesia untuk pemerataan
pelayanan kesehatan
Gerakan Indonesia untuk mencapai
Indonesia Sehat

Sehat adalah salah satu hak dasar manusia,juga merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), yang bersama faktor pendidikan dan ekonomi menjadi ukuran untuk menentukan Indeks (pengembangan) SDM. Oleh karena itu, tepat sekali pernyataan yang mengemukakan bahwa : ”Sehat memang bukan segalanya, tetapi apabila tidak sehat, maka segalanya tidak ada artinya ”. Di pihak lain, sehat juga perlu diupayakan, dan diperjuangkan. Hal ini karena banyak sekali persyaratan yang harus
dipenuhi untuk mencapai keadaan sehat. Sehat, memang banyak ditentukan oleh perilaku manusia itu sendiri. Namun sehat, juga banyak dipengaruhi oleh masalah kemiskinan, kebodohan, pencemaran lingkungan, dan lain-lain bahkan juga keamanan.
Oleh karena itu, sehat, selain merupakan hak, juga merupakan kewajiban, baik sebagai individu,
masyarakat, termasuk swasta/dunia usaha maupun pemerintah.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan harus ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumberdaya masyarakat. Lebih lanjut pada pasal 11 disebutkan bahwa “Setiap orang berkewajiban berperilaku hidup sehat untuk mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan setinggi-tingginya.

“Sehat memang bukan segalanya, tetapi apabila tidak sehat, maka semuanya tidak ada artinya”

Pembangunan Kesehatan juga tidak terlepas dari komitmen Indonesia sebagai warga masyarakat dunia untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs). Lima (5) dari delapan (8) agenda MDGs berkaitan langsung dengan kesehatan, yaitu: Memberantas kemiskinan dan kelaparan, Menurunkan angka kematian anak, Meningkatkan kesehatan ibu, Memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit lainnya, serta Melestarikan lingkungan hidup. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan dan sekaligus mencapai tujuan MDGs harus dilakukan intervensi terhadap faktor penentu terbesar, yaitu perilaku dan lingkungan tanpa mengabaikan faktor keturunan dan pelayanan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar